Jalan Raya Malangsuko 44 Telp. 0341-787637
Website:http://pemerintahdesamalangsuko.blogspot.com/ Email : pemdesmalangsuko@yahoo.co.id
Malangsuko - Tumpang 65156

Minggu, 16 September 2012

PAGELARAN SENI BANTENGAN DESA MALANGSUKO

Malangsuko, Minggu (16/09/2012) - Segenap Pemuda Desa Malangsuko tadi malam Sabtu (15/9/2012) merayakan HUT RI Ke 67 yang diadakan di sepanjang Jalan Raya Desa Malangsuko dengan Start dari Stadion Tumpang menuju perbatasan desa Malangsuko Jeru kemudian kembali ke selatan menuju Lapangan Desa Malangsuko.
 
Negara Indonesia mempunyai banyak beragam kebudayaan yang berasal dari daerah-daerah seperti kebudayaan berupa tari-tarian,upacara adat ataupun tradisi,bahasa dan berbagai kebiasaan masyarakatnya. Kebudayaan tersebut lahir dari jaman dahulu yang di wariskan secara turun-temurun oleh leluhur.
 
Masyarakat menyelenggarakan acara Pagelaran Seni Bantengan, Obor-oboran dan Wayang Topeng ini bertujuan untuk Memperingati dan merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang Ke 67.
 
arak-arakan bantengan adalah sebagai bentuk barisan prajurit yang mengawal "banteng", pertunjukan etnik tradisional "bantengan" sangat beragam di Jawa Timur, khususnya di Malang.
 
 Desa Malangsuko sendiri mempunyai beberapa Grup Bantengan yang bernama " Garuda Mahameru " yang terdiri dari beberapa anggota pemuda di setiap Lingkungan.

arak-arakan bantengan yang masih memiliki nuansa magistis memang membutuhkan pendampingan dari seorang seniman.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Terlihat juga Dadak Merak/ Reog Ponorogo juga ikut meramaikan acara Pagelaran Seni tersebut.









Jalan Raya Malangsuko juga sempat dibuat macet total saat acara digelar, karena banyaknya warga yang menonton dan menyoraki bantengan Garuda Mahameru.



Dan juga ada sumbangan bantengan dari Desa Kebonsari dan Desa Precet juga meramaikan HUT RI Ke 67 yang digelar di Desa Malangsuko sehingga total ada lebih dari 10 Banteng yang beraksi dalam acara tersebut.








Pemuda Malangsuko juga banyak yang bisa bermain Obor-oboran.
Kondisi jalanan yang sempat dibuat macet Pagelaran Seni Desa Malangsuko
 
Atraksi Obor-oboran Pemuda Desa

Reog Ponorogo juga ikut hadir meramaikan

Peserta Pagelaran memenuhi Jalanan Desa Malangsuko

Sebenarnya banyak sekali Grup Kesenian Budaya yang ada di Desa Malangsuko ini, terlihat mereka hadir pada saat-saat tertentu yang berhubungan dengan Perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia.

DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE 67
Semoga Yang Akan Datang Negara Indonesia Makmur, Sejahtera dan Bebas Koruptor..!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar